Istimewa

BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi mengalokasikan anggaran Rp. 30 miliar untuk pembangunan jembatan Bojongmangu - Karawang. Jembatan yang melintasi Kali Cibeet itu ditargetkan rampung pada akhir Desember 2021 nanti.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi, Iwan Ridwan mengatakan, sumber dana untuk pembuatan jembatan berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

"Untuk pagu anggaran jembatannya sebesar Rp 29,4 miliar. Tapi untuk tender atau kontraknya sendiri sebesar Rp 27 miliar. Sisa Rp 600 juta itu untuk konsultan, perencana dan pengawasan," kata Iwan, dikutip dari bekasi24jam.com, Rabu (13/10/21).

Iwan menyebut, untuk menunjang akses jalan menuju jembatan, tahun depan pihaknya akan meminta pengadaan lahan ke Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan.

"Nanti setelah itu beres kami akan bangun jalannya, kalau yang seberang itu masuknya wilayah Karawang nanti kami koordinasikan. Ya, semoga kegiatan pembangunan ini tidak ada kendala lancar di akhir Desember selesai pengerjaannya," ucapnya 

Sementara, Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan menjelaskan, pentingnya jembatan ini dibangun sebagai akses warga meningkatkan perekonomian.

"Kami lihat disini juga berdiri pabrik semen, karena akses ke pabrik sekarang terlalu jauh, padahal itu ada di wilayah Kecamatan Bojongmangu, dengan terbangunnya jembatan ini bisa mempermudah akses jalan untuk tenaga kerja yang dari Bekasi," ungkap Dani.

Berita Terkait

Terbaru

Berlangganan