Sekretaris Dearah Kota Bekasi, Reny Hendrawati berada di sebuah pusat perbelanjaan di Kota Bekasi. IST/Humas Pemkot Bekasi

BEKASI - Pemkot Bekasi membuka gerai vaksinasi di 17 mal se-Kota Bekasi. Sebanyak 17 mal tersebut memiliki kuota sebanyak 100 dosis vaksin setiap harinya.

Gerai vaksinasi di mal se-Kota Bekasi itu menyusul terbitnya Surat Edaran nomor 443.1/1553/SET.COVID19 tentang Pelaksanaan Program Vaksinasi COVID-19 Pada Gerai Vaksinasi di Pusat Perbelanjaan/mal di Kota Bekasi.

Surat Edaran itu berkenaan dengan pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19 di Kota Bekasi sebagai upaya untuk mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) dalam upaya mengurangi penularan serta untuk menurunkan angka kesakitan serta kematian akibat covid-19.

Terdapat sejumlah hal yang diatur dalam peraturan tersebut. Di antarnaya, pelaksanaan program vaksinasi covid-19 dimaksud akan dilaksanakan pada tanggal 01 sampai 31 Oktober 2021, yang bertempat di 17 titik lokasi di Kota Bekasi.

"Program Vaksinasi Covid-19 sebagaimana dimaksud pada point 1, akan dilaksanakan secara komprehensif kepada masyarakat umum di Kota Bekasi dengan menggunakan Vaksin Covid-19 yang tersedia sebanyak 100 (seratus) dosis per hari per titik lokasi," tulis keterangan tertulis dari Humas Pemkot Bekasi.

Kemudian, untuk pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia/tenaga dalam pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19 di 1 titik lokasi minimal dibutuhkan petugas sebanyak 2 orang.

"Agar pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19 dimaksud dapat berjalan dengan baik dan lancar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan dapat mengkoordinasikan persiapannya dengan baik dengan unsur Pengelola Pusat Perbelanjaan dan Dinas Kesehatan, kepala Dinas Pendidikan menyiapkan sumber daya manusia/tenaga dalam penginputan PCare pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19, kepala Dinas Kominfostandi beserta jajarannya melakukan monitoring dan membantu apabila terjadi kendala dalam sistem dan jaringan pada saat pelaksanaan pelaporan dengan menggunakan Aplikasi PCare," katanya.

Kemudian, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Dinas Kesehatan beserta jajarannya melakukan monitoring di masing-masing titik lokasi yang menjadi tanggungjawabnya,serta Kepala Puskesmas membuat dan menyampaikan laporan hasil pelaksanaan Program Vaksinasi Covid-19 kepada Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

"Laporan sebagaimana dimaksud pada point 7 disampaikan secara bertahap setiap 1 (satu) jam melalui pesan WhastApp dan Laporan Akhir pelaksanaan di sore hari pada Pukul 17.00 Wib dalam bentuk hard copy dengan menggunakan formt yang terlampir," ujarnya.

Selanjutnya, Pemkot Bekasi juga mengimbau agar pengelola pusat perbelanjaan menugaskan anggota satuan keamanan di tempat masing-masing untuk membantu pengamanan dalam pelaksanaan Program Vaksinasi agar tidak terjadi kerumunan.

"Serta memudahkan warga masyarakat peserta Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua untuk hadir dalam pelaksanaannya," demikian keterangan tersebut.

Berita Terkait

Terbaru

Berlangganan