Produk Buatan Warga Binaan Lapas Cikarang Bisa Tembus ke Italia. Foto : Istimewa / Pemkab Bekasi.

BEKASI - Produk wadah kue mangkuk (cupcake) buatan para warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Cikarang tak hanya dipasarkan di Indonesia saja melainkan diekspor ke Italia.

Kepala Lapas Kelas II A Cikarang, Saverius Essau Gustaf Johannes menjelaskan, kini produk warga binaannya itu digunakan oleh toko kue terkemuka di negara Eropa tersebut.

"Produk wadah kue mangkuk (cupcake) ini dipakai sebuah jaringan gerai toko kue eksklusif (patisserie) terkemuka di negara tersebut,” kata Saverius, Rabu (22/9/21).

Lanjutnya, para warga binaan dilatih untuk membuat berbagai produk yang dihasilkan atas kerjasamanya dengan pihak ketiga dalam penyediaan empat mesin Injection Molding.

"Kita bekerjasama dengan PT Glory Karsa Abadi sebagai pihak ketiga telah memiliki empat mesin Injection Moulding. Dari mesin tersebut, telah menghasilkan berbagai macam produk, diantaranya Lunch box (tempat makan narapidana), tempat makan keropi, piring plastik rotan, tutup regulator, tutup galon, bracket, nampan, dan berbagai macam produk otomotif dan keperluan rumah tangga," lanjutnya.

Selain kegiatan Industri plastik, Lapas Cikarang pun memiliki 22 kegiatan lainnya yang bergerak dari bidang manufaktur, jasa dan agribisnis. 

"Kegiatan tersebut diantaranya pembuatan roti bakery, pengolahan kedelai menjadi tahu dan tempe, tataboga, konveksi jahit, kerajinan tas kulit, kerajinan tangan, hingga perkayuan dengan mengubah berbagai limbah kayu tak terpakai menjadi suatu produk bernilai jual semacam meja, kursi hingga lemari,” ujarnya.

 

Berita Terkait

Terbaru

Berlangganan