Istimewa

BEKASI - Pemadangan berbeda terlihat di Kali Cilemahabang, Desa Sukakarya, Kecamatan Karangbahagia, Kamis (9/9/21). Kondisi air Kali tersebut semula berwarna hitam kini berubah menjadi coklat.

"Kami senang sekali, setelah ada kunjungan Pak Bupati kemarin yang turun langsung ke sini, airnya sekarang lebih baik dan lebih layak untuk digunakan mandi dan mencuci pakaian,” ujar warga sekitar, Khozin (38) dikutip dari laman bekasikab.go.id.

Sebelumnya, warga sekitar mengeluhkan kondisi air Kali Cilemahabang yang hitam dan bau. Kondisi tersebut sudah terjadi sejak 10 tahun terakhir.

Belakangan, Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) mendatang lokasi tersebut. Hasil kunjungan menyimpulkan adanya dugaan pencemaran limbah ke aliran kali.

Dani mengatakan akan memberikan sanksi tegas sebagai efek jera kepada perusahaan yang membuang limbah di kali Cilemahabang, Desa Sukaraya, Karang Bahagia.

"Untuk sanksi-sanksi perusahaan mana saja yang kedapatan melanggar aturan, Pemkab menyerah ke Kejari sebagai penuntut, pasal-pasal apa yang bisa dikenakan dari UU lingkungan hidup,” katanya, Rabu (8/9/21).

Berita Terkait

Terbaru

Berlangganan