Jelang Tes Masal, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meninjau Stadion Patriot, Minggu (22/3/20).

BEKASI - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Minggu (22/3/20) Siang. Rapat koordinasi ini guna membahas persiapan tes masal yang akan dilakukan pada paling lambat Rabu (25/3/20).

"Besok seminggu ini akan dilakukan tes masal dengan rapid test. Rapid test ini perhari Minggu ini barangnya belum ada tapi sudah dijanjikan pemerintah pusat akan hadir di Kota Bandung sebagai Ibukota (Jawa Barat) itu besok," kata Ridwan Kamil kepada wartawan di Stadion Patriot Candrabhaga.

Ridwan Kamil menjelaskan, rapid test dilakukan dengan pengecekan melalui darah serta teknolgi Polymerase Chain Reaction (PCR) pengambilan spesimen dari dahak. Tes masal akan dilakukan dengan dua tahap.

"Siapakah yang harus di tes masal di tahap satu semua yang ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan 50 orang yang terdekat dari ODP itu. Karena teori kesehatan mengatakan potensi ada di sana. Sama juga semua PDP dan 50 yang terdekat dari PDP. Sama juga yang positif dan 50 yang terdekat dari positif," terangnya.

"Kemudian kreteria kedua petugas kesehatan yang bekerja di unit kesehatan, ketiga mereka yang profesinya banyak berinteraksi sosial dengan masyarakat, pak Lurah dan pak Camat, Para Kyai dan Ulama," lanjutnya.

Ridwan Kamil menambahkan, tahap kedua akan setelah alat kesehatan datang dengan jumlah yang banyak. Pada tahap ini diberikan untuk masyarakat melaporkan ingin dites dengan verifikasi tertentu.

"Yang terpenting media sampaikan tidak semua ingin di tes karena tidak mungkin. Di Korea Selatan saja ari 45 juta penduduknya sebagai negara yang tercanggih tes masalnya hanya 200 ribu yang di tes," tuturnya

Berita Terkait

Terbaru

Berlangganan