BEKASI 24 JAM

Jasa Marga Ongkosin 46 Ribu Warga Bekasi Selama Dua Bulan

BEKASI - Program “Senin Diongkosin” yang diinisiasi oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. resmi berakhir pada hari Senin (26/04) lalu. Sejak dimulai pada bulan Maret 2019 atau kurang lebih selama 8 Minggu berturut-turut, Jasa Marga telah menanggung ongkos 46.789 penumpang Transjakarta dan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline. Perinciannya untuk masing-masing moda transportasi adalah sebanyak 9.050 penumpang TransJakarta dan 37.739 penumpang KRL Commuterline.

Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti
 mengatakan, program “Senin Diongkosin” merupakan program yang diselenggarakan khusus untuk warga Bekasi, terutama bagi warga yang terkena dampak kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting akibat pembangunan sejumlah infrastruktur di sekitar wilayah tersebut secara bersamaan. Dalam menyelenggarakan program “Senin Diongkosin”, Jasa Marga didukung oleh PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), anak usaha Jasa Marga yang mengoperasikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated yang merupakan salah satu proyek infrasturktur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting.

"Jasa Marga memulai program Senin Diongkosin untuk para pengguna TransJakarta di Halte Summarecon Bekasi untuk tujuan Tosari dan Tanjung Priok yang dilaksanakan sejak Senin (11/03).  Pada Program Senin Diongkosin, para pengguna moda transportasi massal Bus TransJakarta tidak perlu mengeluarkan biaya lagi, alias gratis, karena sudah ditanggung penuh oleh Jasa Marga," kata Irra, Kamis (2/5/19).

Mendapat respon positif dari masyarakat, Jasa Marga memperluas Program Senin Diongkosin. Terhitung sejak Senin (18/3), program serupa juga bisa dinikmati oleh warga Bekasi yang biasa menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) di tiga stasiun, yaitu Stasiun Kranji, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Cikarang. 

Bedanya, penumpang KRL di tiga stasiun pada jam-jam yang telah disebutkan di atas, mendapat cashback top up Rp10 ribu. Program ini hanya berlaku untuk pengguna KRL yang menggunakan Kartu Multi Trip (KMT). Mekanismenya, pengguna KRL harus melakukan top up saldo KMT di Loket Stasiun minimal Rp20 ribu untuk mendapatkan bonus saldo Rp10 ribu. Khusus untuk KRL, tarif yang ditanggung sebesar Rp10 ribu merupakan perjalanan pulang-pergi penumpang di tiga stasiun wilayah Bekasi menuju Jakarta dengan asumsi terjauh tarif Rp5 ribu/sekali jalan.

"Program Senin Diongkosin baik untuk Transjakarta maupun KRL Commuterline berlaku setiap hari Senin sejak tanggal diberlakukan, pada jam padat (rush hour) yaitu pukul 05.00-09.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB," lanjut Irra.

Para pengguna TransJakarta maupun pengguna KRL Commuterline menyambut baik Program Senin Diongkosin ini. Salah satunya adalah Agus Zakaria yang berdomisili di Titian Kencana Bekasi melihat bahwa program ini bisa lebih menarik minat masyarakat untuk dapat menggunakan transportasi publik.

"Program ini bagus sekali ya, jadi masyarakat akan terdorong untuk menggunakan kendaraan umum, tentu berefek mengurangi kemacetan juga," jelasnya. 

Untuk memastikan program ini terlaksana dengan baik, Jasa Marga bekerja sama dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan PT Transportasi Jakarta (TJ). Selain untuk memastikan teknis pelaksanaan program, Jasa Marga, PT KCI dan PT TJ juga bekerjasama dalam menyebarluaskan informasi program ini kepada masyarakat Bekasi melalui media komunikasi yang beragam, termasuk menyelenggarakan event off air bertajuk B-Fest “Festival Inspirasi Bekasi”.

Baca Juga:

TERKINI

Proban Motoparts Capai 100 Outlet

BEKASI - Jelang perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah, PT. Proban Otsburg Trisakti, Proban Motoparts kini [...]

Berikut Link Pendaftaran Event Gelar Lapak Online Ramadhan (Geloran)

BEKASI - Bekasi 24 Jam konsisten mendukung pelaku UMKM Bekasi untuk berkembang dalam usahanya lewat jagat maya.  [...]

Mau Mulai Usaha Tanpa Ribet dan Menghasilkan? Simak Ini

BEKASI - Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia telah mencapai lebih dari 133 juta unit pada tahun 2 [...]

Yuk Ikutan Twibbonize Challange 'Sejuknya Ramadhan Bersama Bekasi 24 Jam', Total Hadiah Rp. 250 Ribu

BEKASI - Menyambut bulan Ramadhan, Tim Bekasi 24 Jam mengadakan beberapa event. Salah satunya Twibbonize Challange &# [...]

Kemenkes, IDI dan MUI Sepakat Vaksinasi Covid-19 Tetap Berjalan Saat Bulan Ramadhan

JAKARTA - Kementerian Kesehatan, bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Majelis Ulama Indonesia sepakat vaksinasi [...]

Catatan Jasa Marga Ada 351 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek Pada Libur Jumat Agung

BEKASI - Sebanyak 351.256 kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek pada libur panjang Jumat Agung. [...]

Tega! Wanita Tuna Rungu Diduga Dicekoki Miras Sebelum Jadi Korban Pemerkosaan

BEKASI - NS (20), wanita penyandang disabilitas diduga menjadi korban pemerkosaan oknum anggota perl [...]

Insiden Pengendara Ngamuk Hinga Rusak Rambu Lalin di Kalimalang, Ini Kata Dishub

BEKASI - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi membenarkan insiden pengendara mobil mengamuk dan me [...]

Viral Pria Bertubuh Tegap Ngamuk Rubuhkan Rambu Lalin Larangan Putar Balik di Bekasi

BEKASI - Seorang pengendara mobil mengamuk di Jalan KH. Noer Ali Kalimalang, Kota Bekasi, Jawa Barat [...]

Gegara Ribut Masalah Cewek Dua Pria Terlibat Perkelahian Berujung Penjara

BEKASI - Seorang pria berinisial ST (20) terkapar pingsan setelah dihantam knalpot oleh AR (22) di halaman parkir sup [...]