BEKASI 24 JAM

Jasa Marga Ongkosin 46 Ribu Warga Bekasi Selama Dua Bulan

BEKASI - Program “Senin Diongkosin” yang diinisiasi oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. resmi berakhir pada hari Senin (26/04) lalu. Sejak dimulai pada bulan Maret 2019 atau kurang lebih selama 8 Minggu berturut-turut, Jasa Marga telah menanggung ongkos 46.789 penumpang Transjakarta dan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline. Perinciannya untuk masing-masing moda transportasi adalah sebanyak 9.050 penumpang TransJakarta dan 37.739 penumpang KRL Commuterline.

Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti
 mengatakan, program “Senin Diongkosin” merupakan program yang diselenggarakan khusus untuk warga Bekasi, terutama bagi warga yang terkena dampak kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting akibat pembangunan sejumlah infrastruktur di sekitar wilayah tersebut secara bersamaan. Dalam menyelenggarakan program “Senin Diongkosin”, Jasa Marga didukung oleh PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), anak usaha Jasa Marga yang mengoperasikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated yang merupakan salah satu proyek infrasturktur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting.

"Jasa Marga memulai program Senin Diongkosin untuk para pengguna TransJakarta di Halte Summarecon Bekasi untuk tujuan Tosari dan Tanjung Priok yang dilaksanakan sejak Senin (11/03).  Pada Program Senin Diongkosin, para pengguna moda transportasi massal Bus TransJakarta tidak perlu mengeluarkan biaya lagi, alias gratis, karena sudah ditanggung penuh oleh Jasa Marga," kata Irra, Kamis (2/5/19).

Mendapat respon positif dari masyarakat, Jasa Marga memperluas Program Senin Diongkosin. Terhitung sejak Senin (18/3), program serupa juga bisa dinikmati oleh warga Bekasi yang biasa menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) di tiga stasiun, yaitu Stasiun Kranji, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Cikarang. 

Bedanya, penumpang KRL di tiga stasiun pada jam-jam yang telah disebutkan di atas, mendapat cashback top up Rp10 ribu. Program ini hanya berlaku untuk pengguna KRL yang menggunakan Kartu Multi Trip (KMT). Mekanismenya, pengguna KRL harus melakukan top up saldo KMT di Loket Stasiun minimal Rp20 ribu untuk mendapatkan bonus saldo Rp10 ribu. Khusus untuk KRL, tarif yang ditanggung sebesar Rp10 ribu merupakan perjalanan pulang-pergi penumpang di tiga stasiun wilayah Bekasi menuju Jakarta dengan asumsi terjauh tarif Rp5 ribu/sekali jalan.

"Program Senin Diongkosin baik untuk Transjakarta maupun KRL Commuterline berlaku setiap hari Senin sejak tanggal diberlakukan, pada jam padat (rush hour) yaitu pukul 05.00-09.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB," lanjut Irra.

Para pengguna TransJakarta maupun pengguna KRL Commuterline menyambut baik Program Senin Diongkosin ini. Salah satunya adalah Agus Zakaria yang berdomisili di Titian Kencana Bekasi melihat bahwa program ini bisa lebih menarik minat masyarakat untuk dapat menggunakan transportasi publik.

"Program ini bagus sekali ya, jadi masyarakat akan terdorong untuk menggunakan kendaraan umum, tentu berefek mengurangi kemacetan juga," jelasnya. 

Untuk memastikan program ini terlaksana dengan baik, Jasa Marga bekerja sama dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan PT Transportasi Jakarta (TJ). Selain untuk memastikan teknis pelaksanaan program, Jasa Marga, PT KCI dan PT TJ juga bekerjasama dalam menyebarluaskan informasi program ini kepada masyarakat Bekasi melalui media komunikasi yang beragam, termasuk menyelenggarakan event off air bertajuk B-Fest “Festival Inspirasi Bekasi”.

Baca Juga:

TERKINI

Duh Apes Banget, Motor Dibawa Pencuri Padahal Baru Ditinggal Sebentar

Motor milik pegawai mini market di Kelurahan kali Abang Tengah, Kecematan Bekasi Utaravdigondol oleh dua pelaku saat [...]

Pelayanan Perpanjang SIM Kini Kembali Dibuka

BEKASI - Polda Metro Jaya kembali membuka pelayanan perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) mulai 30 Mei 2020. Hal itu [...]

Jadwal Pertandingan dan Siarang Langsung Sepak Bola Malam Ini

BEKASI - Setelah libur dari dua bulan akibat pandemi covid-19. Sejumlah kompetisi sepak bola akhirny [...]

Ini Strategi Penerepan New Normal di Kota Bekasi

BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi tengah menyusun tahapan perencanaan tatanan hidup baru masyarakat produktif atau new [...]

Jasa Marga Catat 298 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta


BEKASI - PT. Jasa Marga Tbk. mencatat total 298.829 kendaraan menuju Jakarta, Sabtu (30/5/20). Hal itu merupak [...]

Angkot Terbakar di Bekasi, Ini Penyebab Kejadiannya

BEKASI - Sebuah mobil angkutan umum K.09 trayek Babelan - Terminal Bekasi terbakar di Jalan Baru Per [...]

Jokowi Nilai Covid-19 di Kota Bekasi Terkendali

BEKASI - Presiden, Joko Widodo menyebut indikator penularan sebuah virus (R0) di Kota Bekasi sudah b [...]

Cegah Penyebaran Covid-19, XL Axiata Salurkan Masker dan Hand Sanitizer ke Komunitas Jurnalis Bekasi

BEKASI - XL Axiata terus ikut serta melakukan langkah preventif guna menangani dan mencegah penyebar [...]

Cegah Penyebaran Virus Corona, Ini Sederet Pusat Perbelanjaan Menutup Operasionalnya di Bekasi

BEKASI - Wabah virus covid-19 (corona) membuat sejumlah pusat perbelanjaan di Bekasi, Jawa Barat, mu [...]

Salah Satu Dokter Peserta Rapid Test Kecewa, Ini Jawaban Wali Kota Bekasi

BEKASI - Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menjawab soal kekecewaan yang dikemukakan wanita berinisia [...]