BEKASI - Semakin hari zaman semakin berkembang. Seiring berjalannya waktu teknologi pun berkembang dengan sangat canggih dan pesat, mulai dari yang sederhana hingga menggemparkan kalangan manusia zaman sekarang.

Dahulu, sebelum zaman semakin berkembang dengan internet, anak-anak menghabiskan waktu mereka dengan bermain bersama teman sebayanya, tanpa harus sibuk dengan gadget.

Entah itu bermain permainan tradisional seperti lompat tali atau karet, gobak sodor, tanding tazos, petak umpet, dan lain sebagainya; atau mengoleksi barang-barang unik yang tentunya agak sulit ditemukan di zaman sekarang ini. Hal demikian tentu tidak mengurangi rasa bahagia dalam diri, justru bagi generasi pada masa itu membuat mereka sangat berkesan. 

Seiring berubahnya zaman serta gaya hidup modern yang mendominasi, membuat permainan tradisional ataupun mengoleksi barang-barang unik yang dianggap sebagai barang super low budget perlahan-lahan mulai terlupakan. Namun apabila diingat kembali, maka akan membuat kamu rindu pada masa-masa itu.

Berikut 7 hal yang membuat kamu ingin kembali ke masa lalu. Tujuh permainan tradisional seru ini pasti pernah dimainkan anak-anak 90'an.

 

  1. Gobak Sodor

Permainan satu ini sudah pernah coba, sobat? Seru banget kan?

Permainan Gobak Sodor dimainkan oleh dua kelompok berlawanan. Satu kelompok menjadi penjaga dan kelompok satunya lagi menjadi penerobos. Setiap kelompok minimal terdiri dari 3-5 orang atau sesuai kesepakatan.

Penerobos harus berlari melwati beberapa garis sampai ke garis terakhir secara bolak balik. Tentunya penerobos tidak boleh terkena sentuhan oleh si penjaga. Jika ya, maka penerobos harus keluar dari tim. Sementara penjaga harus berdiri di setiap garis dan bertugas menghadang lawan dengan cara menyentuh tubuh lawan.

  1. Barbie Kertas

Buat anak perempuan yang tidak memiliki barbie asli, biasanya mereka mengoleksi barbie kertas ini. Karena gambarnya yang beragam dan harganya sangat murah, maka tidak sedikit anak perempuan yang mengoleksi banyak ragam barbie kertas ini.

Permainan ini sangat sederhana. Mudah sekali, kamu hanya perlu membongkar pasang figur yang terbuat dari kertas. Kamu bisa mencopot pasang pakaian dan aksesoris yang terpisah berulang kali ke boneka. Meski terlihat sederhana, ternyata permainan ini bisa  bikin kamu lupa waktu, lho!

  1. Main Gimbot Berjamaah

Anak-anak tahun 90an sudah lebih dulu berkenalan dengan game bertampilan visual hitam putih yang khas, yakni gimbot. Tetris, balapan, tembak-tembakkan dan permainan lainnya yang biasa dimainkan anak-anak. Selain tampilannya, gimbot juga memiliki backsound game yang begitu khas.

Setiap hari setelah pulang sekolah, tak sedikit anak-anak pada zaman tersebut antusias dengan jam pulang sekolah  karena ingin mengambil gimbot untuk dimainkan atau menyewanya bersama teman-teman yang sudah menunggu.

  1. Buku TTS dan Monopoli

Mungkin anak zaman sekarang pun masih ada yang gemar mengisi TTS (Teka-teki Silang) dan bermain monopoli. Akan tetapi, mereka mengisi dan memainkannya melalui ponsel pintar mereka. Berbeda dengan zaman dahulu, teka-teki silang hanya dapat diisi di buku dan permainan monopoli dapat dimainkan hanya di atas papan kertas. Teka-teki silang dan permainan monopoli merupakan salah satu barang unik masa lalu yang super low budget.

 

  1. Petak Umpet

Permainan ini sering sekali dilakukan oleh anak-anak ketika waktu istirahat sekolah atau bahkan setelah pulang sekolah. Petak Umpet harus dimainkan bersama-sama agar lebih seru. Sebelum memainkan permainan ini, seluruh pemain harus melakukan ‘gambreng’ terlebih dahulu untuk menentukan siapa yang berjaga.

Penjaga akan berhitung sambil menutup mata. Sebelum hitungan selesai, semua pemain harus segera bersembunyi. Saat hitungan habis, penjaga harus mulai mencari teman-temannya.

  1. Koleksi Tazos dan Kelereng

Dulu, tidak jarang anak-anak rela menghabiskan uang demi membeli snack yang berhadiah tazos. Tazos dimainkan bisa seperti menyusunnya hingga berbentuk rumah-rumahan atau gedung. Anak-anak juga mengumpulkan tazos sekadar untuk memamerkan kepada teman-temannya. Atau mereka adu permainan demi mendapatkan hadiah tazos dari teman-temannya.

Selain tazos, mereka juga mengumpulkan kelereng. Kelereng mayoritas dimiliki oleh anak laki-laki tapi ada juga anak perempuan yang sengaja mengoleksi kelereng karena memiliki warna-warna yang unik. Kelereng terdapat tiga ukuran, yakni kecil, sedang dan besar serta memiliki beberapa jenis warna seperti jenis biasa, susu (berwarna putih), metalik, tata kucing dan berlian.

  1. Main Lompat Tali

Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak perempuan ketika di sekolah aatau pulang sekolah. Untuk memainkannya, permainan ini dibagi menjadi dua kelompok. Ada yang bertugas memegang tali dan ada yang melompat. Dua orang akan memutar-mutar tali dan pemain lain akan melompati putaran tali tersebut. Jika kaki pemain terkena tali, maka dinyatakan kalah.

 

So guys, masih banyak permainan dan benda-benda unik yang membuat kamu kangen masa lalu! Di antara 7 hal di atas, permainan atau benda apa sih yang paling kamu kangenin?

Berita Terkait

Berlangganan