BEKASI 24 JAM

Keren Nih! Usaha Budidaya Bibit Anggur Omsetnya Sampai Rp. 20 Juta Perbulan

BEKASI - Pandemi Covid-19 rupanya tak menjadi halangan bagi Andrew Ramanda (37) warga Bekasi, Jawa Barat. Pasalnya Ia mampu meraup keuntungan hingga Rp. 20 - 30 juta perbulan. 

Hasil itu Andrew dapatkan dari memanfaatkan lahan kosong di Jalan Bambu Kuning 5, Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, sebagai budidaya anggur. 

"Ada yang kasih saran buat tanam anggur. Cuma saya awalnya bingung emang bisa ya, paling kalau di daerah kita anggur yang kecil-kecil rasanya asam. Akhirnya saya coba tanam dua (pohon). Ternyata alhamdulillah berbuah bagus buahnya manis," kata Andrew. 

Berbekal dari pengalaman pertamanya, Ia lantas menambah jumlah koleksi pohon anggur. Kini, diakui Andrew, sudah ada 80 jenis pohon anggur yang ditanam di luas area 10x8 meter persegi. Jenis anggur itu  mulai dari lokal hingga mancanegara. 

"Jenis anggur jupiter, akademik, terus yang terakhir baru itu ada anggur veles dan heliodor. Kalau sudah panen satu tandan beratnya bisa sampai 2-3 kilogram itu yang dari Ukraina," lanjutnya. 

Proses budidaya anggur yang diterapkan, kata Andrew, menggunakan sistem grafting atau menyambungkan batang pohon anggur lokal dan impor. 

Lanjut, Adrew menambahkan, untuk menanam anggur di musim penghujan menjadi sedikit kendala. Kondisi itu membuat sinar matahari yang biasa memaparkan tanaman anggur dapat menjadi berkurang. 

"Kondisi cuaca hujan bikin ada jamur terutama di bagian daun dan serangan hama ulat bulu. Tapi ketika musim panas datang itu segar lagi dia bagus lagi," jelas Andrew. 

Sejauh ini, Andrew menyebut, pembeli bibit tanaman anggur miliknya berasal dari Jabodetabek, Surabaya, Pekan Baru, Hingga Kalimantan. 

Untuk satu bibit tanaman anggur dengan ukuran 40-60 sentimeter dijual seharga Rp. 125 ribu - 2 juta. Harga itu bergantung terhadap varietasnya. 

"Jujur saya juga masih pemula baru satu tahun belakanhan ini. Tapi kiatnya adalah yang paling penting media tanam harus poros. Maksudnya, ketika kita siram airnya tidak menggenang jadi langsung meresap. Ketika posisi tanam nanti minimal yang terkena matahari dalam satu hari tujuh jam. Kemudian cari bibit yang bagus dan valid. Karena jujur di awal-awal saya beli bibit kata penjualnya anggur hitam ternyata pas berbuah anggur merah. Kalau bisa cari seller bibit anggur yang rekomendasi," imbuhnya.

Baca Juga:

TERKINI

Vaksinasi Covid-19 Gratis Plus Bertabur Kejutan Hadiah dari Yamaha, Mau Ikutan?

BEKASI - PT. Yamaha Indonesia Motor (MFG) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Jakarta Timur menggelar vaksinasi covid- [...]

Sensasi Influencer Cantik Naik Maxi Yamaha Touring ke Parang Gombong

BEKASI - Public Figure sekaligus , Angela Lorenza menjalani touring ke Parang Gombong, Purwakarta, Minggu (27/6/21). [...]

Perhatian! Jalan Tol Layang MBZ Ditutup Sementara

BEKASI - PT. Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) menutup sementara Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ). Penu [...]

Lomba Menarik Selama PPKM Darurat, Asah Kreativitas Anak Dengan Kaleng Susu Steril Tujuh Kurma

BEKASI - Susu Steril Tujuh Kurma bersama Himpinan Pendidik Anak Usia Dini (HIMPUADI) Kota Bekasi dan Bogor menggelar [...]

Terobosan Baru Kota Jababeka, Hadirkan Hunian Konsep Keraton Jawa di Cikarang

CIKARANG - Kota Jababeka Cikarang hadirkan hunian dengan konsep unik. Pengembang smart township dan terlengkap di tim [...]

Pecah Rekor! Sehari 34 Jenazah Dimakamkan Protokol Covid-19 di TPU Padurenan

BEKASI - Dalam waktu satu hari, sebanyak 34 jenazah dimakamkan dengan protokol covid-19 di TPU Padurenan, Kota Bekasi [...]

Sinar Mas Land Hadirkan Hunian O8 Perfect Home di Grand Wisata, Simak Keunggulannya

BEKASI - Sinar Mas Land menghadirkan produk residensial terbarunya, yakni O8 Perfect Home di kawasan [...]

Warga 'Ngeluh' Jembatan Graha Prima Tambun Belum Diperbaiki

BEKASI - Kondisi jembatan di Perumahan Graha Prima, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Senin (21/6/21) dikeluhkan warg [...]

4000 Warga Kota Bekasi Telah Terima Vaksinasi Covid-19 Massal di Stadion Patriot

BEKASI - Sebanyak 4000 warga telah menerima vaksin covid-19 saat program vaksinasi massal di St [...]

Proban Motoparts Capai 100 Outlet

BEKASI - Jelang perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah, PT. Proban Otsburg Trisakti, Proban Motoparts kini [...]