Foto (Anggur)

BEKASI - Pandemi Covid-19 rupanya tak menjadi halangan bagi Andrew Ramanda (37) warga Bekasi, Jawa Barat. Pasalnya Ia mampu meraup keuntungan hingga Rp. 20 - 30 juta perbulan. 

Hasil itu Andrew dapatkan dari memanfaatkan lahan kosong di Jalan Bambu Kuning 5, Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, sebagai budidaya anggur. 

"Ada yang kasih saran buat tanam anggur. Cuma saya awalnya bingung emang bisa ya, paling kalau di daerah kita anggur yang kecil-kecil rasanya asam. Akhirnya saya coba tanam dua (pohon). Ternyata alhamdulillah berbuah bagus buahnya manis," kata Andrew. 

Berbekal dari pengalaman pertamanya, Ia lantas menambah jumlah koleksi pohon anggur. Kini, diakui Andrew, sudah ada 80 jenis pohon anggur yang ditanam di luas area 10x8 meter persegi. Jenis anggur itu  mulai dari lokal hingga mancanegara. 

"Jenis anggur jupiter, akademik, terus yang terakhir baru itu ada anggur veles dan heliodor. Kalau sudah panen satu tandan beratnya bisa sampai 2-3 kilogram itu yang dari Ukraina," lanjutnya. 

Proses budidaya anggur yang diterapkan, kata Andrew, menggunakan sistem grafting atau menyambungkan batang pohon anggur lokal dan impor. 

Lanjut, Adrew menambahkan, untuk menanam anggur di musim penghujan menjadi sedikit kendala. Kondisi itu membuat sinar matahari yang biasa memaparkan tanaman anggur dapat menjadi berkurang. 

"Kondisi cuaca hujan bikin ada jamur terutama di bagian daun dan serangan hama ulat bulu. Tapi ketika musim panas datang itu segar lagi dia bagus lagi," jelas Andrew. 

Sejauh ini, Andrew menyebut, pembeli bibit tanaman anggur miliknya berasal dari Jabodetabek, Surabaya, Pekan Baru, Hingga Kalimantan. 

Untuk satu bibit tanaman anggur dengan ukuran 40-60 sentimeter dijual seharga Rp. 125 ribu - 2 juta. Harga itu bergantung terhadap varietasnya. 

"Jujur saya juga masih pemula baru satu tahun belakanhan ini. Tapi kiatnya adalah yang paling penting media tanam harus poros. Maksudnya, ketika kita siram airnya tidak menggenang jadi langsung meresap. Ketika posisi tanam nanti minimal yang terkena matahari dalam satu hari tujuh jam. Kemudian cari bibit yang bagus dan valid. Karena jujur di awal-awal saya beli bibit kata penjualnya anggur hitam ternyata pas berbuah anggur merah. Kalau bisa cari seller bibit anggur yang rekomendasi," imbuhnya.

Berita Terkait

Terbaru

Berlangganan