BEKASI 24 JAM

Keren Nih! Usaha Budidaya Bibit Anggur Omsetnya Sampai Rp. 20 Juta Perbulan

BEKASI - Pandemi Covid-19 rupanya tak menjadi halangan bagi Andrew Ramanda (37) warga Bekasi, Jawa Barat. Pasalnya Ia mampu meraup keuntungan hingga Rp. 20 - 30 juta perbulan. 

Hasil itu Andrew dapatkan dari memanfaatkan lahan kosong di Jalan Bambu Kuning 5, Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, sebagai budidaya anggur. 

"Ada yang kasih saran buat tanam anggur. Cuma saya awalnya bingung emang bisa ya, paling kalau di daerah kita anggur yang kecil-kecil rasanya asam. Akhirnya saya coba tanam dua (pohon). Ternyata alhamdulillah berbuah bagus buahnya manis," kata Andrew. 

Berbekal dari pengalaman pertamanya, Ia lantas menambah jumlah koleksi pohon anggur. Kini, diakui Andrew, sudah ada 80 jenis pohon anggur yang ditanam di luas area 10x8 meter persegi. Jenis anggur itu  mulai dari lokal hingga mancanegara. 

"Jenis anggur jupiter, akademik, terus yang terakhir baru itu ada anggur veles dan heliodor. Kalau sudah panen satu tandan beratnya bisa sampai 2-3 kilogram itu yang dari Ukraina," lanjutnya. 

Proses budidaya anggur yang diterapkan, kata Andrew, menggunakan sistem grafting atau menyambungkan batang pohon anggur lokal dan impor. 

Lanjut, Adrew menambahkan, untuk menanam anggur di musim penghujan menjadi sedikit kendala. Kondisi itu membuat sinar matahari yang biasa memaparkan tanaman anggur dapat menjadi berkurang. 

"Kondisi cuaca hujan bikin ada jamur terutama di bagian daun dan serangan hama ulat bulu. Tapi ketika musim panas datang itu segar lagi dia bagus lagi," jelas Andrew. 

Sejauh ini, Andrew menyebut, pembeli bibit tanaman anggur miliknya berasal dari Jabodetabek, Surabaya, Pekan Baru, Hingga Kalimantan. 

Untuk satu bibit tanaman anggur dengan ukuran 40-60 sentimeter dijual seharga Rp. 125 ribu - 2 juta. Harga itu bergantung terhadap varietasnya. 

"Jujur saya juga masih pemula baru satu tahun belakanhan ini. Tapi kiatnya adalah yang paling penting media tanam harus poros. Maksudnya, ketika kita siram airnya tidak menggenang jadi langsung meresap. Ketika posisi tanam nanti minimal yang terkena matahari dalam satu hari tujuh jam. Kemudian cari bibit yang bagus dan valid. Karena jujur di awal-awal saya beli bibit kata penjualnya anggur hitam ternyata pas berbuah anggur merah. Kalau bisa cari seller bibit anggur yang rekomendasi," imbuhnya.

Baca Juga:

TERKINI

Yuk Ikutan Twibbonize Challange 'Sejuknya Ramadhan Bersama Bekasi 24 Jam', Total Hadiah Rp. 250 Ribu

BEKASI - Menyambut bulan Ramadhan, Tim Bekasi 24 Jam mengadakan beberapa event. Salah satunya Twibbonize Challange &# [...]

Kemenkes, IDI dan MUI Sepakat Vaksinasi Covid-19 Tetap Berjalan Saat Bulan Ramadhan

JAKARTA - Kementerian Kesehatan, bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Majelis Ulama Indonesia sepakat vaksinasi [...]

Catatan Jasa Marga Ada 351 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek Pada Libur Jumat Agung

BEKASI - Sebanyak 351.256 kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek pada libur panjang Jumat Agung. [...]

Tega! Wanita Tuna Rungu Diduga Dicekoki Miras Sebelum Jadi Korban Pemerkosaan

BEKASI - NS (20), wanita penyandang disabilitas diduga menjadi korban pemerkosaan oknum anggota perl [...]

Insiden Pengendara Ngamuk Hinga Rusak Rambu Lalin di Kalimalang, Ini Kata Dishub

BEKASI - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi membenarkan insiden pengendara mobil mengamuk dan me [...]

Viral Pria Bertubuh Tegap Ngamuk Rubuhkan Rambu Lalin Larangan Putar Balik di Bekasi

BEKASI - Seorang pengendara mobil mengamuk di Jalan KH. Noer Ali Kalimalang, Kota Bekasi, Jawa Barat [...]

Gegara Ribut Masalah Cewek Dua Pria Terlibat Perkelahian Berujung Penjara

BEKASI - Seorang pria berinisial ST (20) terkapar pingsan setelah dihantam knalpot oleh AR (22) di halaman parkir sup [...]

5 Fakta Terkait Video Viral Dukun Pengganda Uang di Bekasi

BEKASI - Warganet dihebohkan dengan viralnya video seorang pria yang memperagakan aksinya dapat mend [...]

Warga Tak Curiga Aktifitas Herman, Pria yang Viral Karena Menggandakan Uang

BEKASI - Mubaidi, Ketua RT 01 RW 03 Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, mengaku terkejut dengan be [...]

Viral Rekaman Pencuri Uang di Pom Bensin Jatiwarna, Ini Kata Polisi

BEKASI - Aksi pencurian uang di SPBU Jatiwarna di Jalan Raya Kodau, Pondok Melati, Kota Bekasi, tere [...]