BEKASI 24 JAM

11 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

BEKASI - Kendati terbilang cukup mudah dan ekonomis, faktanya tak sedikit orang yang sering mengabaikan manfaat jalan ini. Padahal, di balik kesederhanaannya, olahraga yang satu ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat jalan kaki yang baik untuk tubuh, di antaranya:

1. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat jalan kaki yang pertama adalah kemampuannya memperbaiki postur tubuh Anda. Selain terlatihnya otot kaki, jalan kaki juga melatih otot tubuh lainnya seperti seperti paha, perut, tangan, dan punggung. Bahkan, berjalan kaki juga menghindari Anda dari postur tubuh yang bungkuk.

2. Meningkatkan energi

Sebagian orang beranggapan bahwa olahraga hanya aktivitas yang menguras energi. Padahal, dibalik aktivitas olahraga yang Anda lakukan, ternyata terdapat manfaat yang bisa didapatkan, salah satunya adalah pendongkrak energi. Hal ini bisa terjadi dikarenakan olahraga bisa memompa darah secara lancar ke seluruh tubuh sekaligus memberikan tambahan suplai oksigen.

3. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, sepertinya mendapatkan manfaat jalan kaki adalah pilihan termudah yang bisa dilakukan. Berjalan kaki dapat memperbaiki respon tubuh terhadap hormon insulin

Hormon ini bertugas untuk mengatur metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak yang bisa mengurangi jumlah lemak pada perut.

4. Meningkatkan kinerja otak

Selain berguna untuk meningkatkan fungsi anggota gerak tubuh, manfaat jalan kaki lainnya juga memberikan pengaruh baik bagi otak. Mereka yang rutin berjalan kaki terbukti tidak mudah pikun. Saat berjalan kaki–ukuran hippocampus–bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat akan menjadi lebih besar dan rileks.

5. Mengurangi gejala varises

Pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar kaki dan bertambahnya usia adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan varises. Agar varises tidak terjadi, salah satu caranya adalah mendapatkan manfaat jalan kaki. Jalan kaki harus dilakukan selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.

6. Menurunkan risiko penyakit kronis

Sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat jalan kaki setiap hari bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke sebesar 20-40 persen. Selain itu, penelitian lain mengungkapkan bahwa mereka yang berjalan 30 menit sehari memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah.

Tidak hanya stroke dan penyakit jantung, manfaat jalan pagi juga berguna untuk menurunkan diabetes tipe 2 hingga 30 persen. Dengan berjalan kaki, Anda membuat otot untuk bekerja lebih sehingga kemampuannya untuk menyerap glukosa meningkat.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mereka yang jarang berolahraga tubuhnya akan dengan mudah terkena penyakit. Agar tubuh Anda mampu menangkal penyakit, cobalah untuk berjalan kaki minimal selama 30 menit. Manfaat jalan kaki ini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

8. Menurunkan risiko demensia

Manfaat jalan pagi berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah menurunkan risiko demensia. Baik jalan cepat atau santai yang Anda lakukan secara rutin dapat membuat aliran darah ke otak menjadi lancar, menurunkan risiko penyakit pembuluh darah, dan menjaga fungsi otak di usia tua.

9. Mencegah osteoporosis
Pada umumnya, osteoporosis sering dialami oleh wanita yang memasuki masa menopause. Namun osteoporosis juga bisa terjadi pada pria. Di Indonesia, kurangnya asupan kalsium diperkirakan menjadi penyebab osteoporosis.

Guna mencegah terjadinya osteoporosis, langkah termudah yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki. Berjalan kaki mampu mempertahankan kesehatan tulang.

10. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Salah satu kebiasaan yang kurang baik namun sering dilakukan banyak orang adalah tidak melakukan aktivitas apapun usai mengonsumsi makan-makanan berat. Berdiam diri usai makan berisiko menganggu kinerja sistem pencernaan Anda.

Agar sistem pencernaan dapat bekerja dengan maksimal, yang Anda perlukan hanya berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit. Manfaat berjalan kaki setelah makan lainnya adalah membantu menjaga kadar gula tetap stabil.

11. Membuat perasaan lebih baik
Salah satu cara yang cukup terkenal untuk membuat suasana hati lebih tenang adalah dengan mengonsumsi cokelat. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat jalan kaki memiliki efek yang sama seperti halnya mengonsumsi cokelat.

Mereka yang rutin jalan kaki akan mengalami perubahan sistem saraf yang membuat suasana hati lebih baik, sehingga menimbulkan rasa senang dalam diri. Manfaat jalan kaki akan lebih banyak Anda dapatkan apabila dilakukan bersama orang-orang yang Anda cintai.

Bagi Anda yang sedang mengalami stres, rutin berjalan kaki dapat mencegah dan mengurangi stres. Manfaat jalan kaki ini diperoleh karena tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat suasana hati lebih baik, serta mengurangi rasa cemas.

Nah, itulah beberapa manfaat jalan kaki yang bisa Anda dapatkan. Selain beberapa manfaat di atas, manfaat lainnya yang juga bisa didapatkan adalah mengurangi risiko terkena kanker. Manfaat jalan pagi ini dikaitkan dengan perbaikan metabolisme tubuh yang menghambat bertumbuhnya sel kanker seperti kanker usus besar, rahim, prostat dan payudara. (doktersehat.com)

Baca Juga:

TERKINI

Yuk Ikutan Twibbonize Challange 'Sejuknya Ramadhan Bersama Bekasi 24 Jam', Total Hadiah Rp. 250 Ribu

BEKASI - Menyambut bulan Ramadhan, Tim Bekasi 24 Jam mengadakan beberapa event. Salah satunya Twibbonize Challange &# [...]

Kemenkes, IDI dan MUI Sepakat Vaksinasi Covid-19 Tetap Berjalan Saat Bulan Ramadhan

JAKARTA - Kementerian Kesehatan, bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Majelis Ulama Indonesia sepakat vaksinasi [...]

Catatan Jasa Marga Ada 351 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek Pada Libur Jumat Agung

BEKASI - Sebanyak 351.256 kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek pada libur panjang Jumat Agung. [...]

Tega! Wanita Tuna Rungu Diduga Dicekoki Miras Sebelum Jadi Korban Pemerkosaan

BEKASI - NS (20), wanita penyandang disabilitas diduga menjadi korban pemerkosaan oknum anggota perl [...]

Insiden Pengendara Ngamuk Hinga Rusak Rambu Lalin di Kalimalang, Ini Kata Dishub

BEKASI - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi membenarkan insiden pengendara mobil mengamuk dan me [...]

Viral Pria Bertubuh Tegap Ngamuk Rubuhkan Rambu Lalin Larangan Putar Balik di Bekasi

BEKASI - Seorang pengendara mobil mengamuk di Jalan KH. Noer Ali Kalimalang, Kota Bekasi, Jawa Barat [...]

Gegara Ribut Masalah Cewek Dua Pria Terlibat Perkelahian Berujung Penjara

BEKASI - Seorang pria berinisial ST (20) terkapar pingsan setelah dihantam knalpot oleh AR (22) di halaman parkir sup [...]

5 Fakta Terkait Video Viral Dukun Pengganda Uang di Bekasi

BEKASI - Warganet dihebohkan dengan viralnya video seorang pria yang memperagakan aksinya dapat mend [...]

Warga Tak Curiga Aktifitas Herman, Pria yang Viral Karena Menggandakan Uang

BEKASI - Mubaidi, Ketua RT 01 RW 03 Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, mengaku terkejut dengan be [...]

Viral Rekaman Pencuri Uang di Pom Bensin Jatiwarna, Ini Kata Polisi

BEKASI - Aksi pencurian uang di SPBU Jatiwarna di Jalan Raya Kodau, Pondok Melati, Kota Bekasi, tere [...]