Foto: Ilustrasi (dok. Inpirasipagi.id )

Bekasi - Salah satu suku cadang kendaraan yang paling penting adalah rem. Tanpa rem atau saat komponen ini tak berfungsi dengan baik, maka kecelakaan hampir dipastikan sudah mengintai.

Kampas rem pada motor berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan putaran cakram dan roda. Oleh karena itu, apabila tidak bekerja sempurna, akan sulit bagi pengemudi untuk menghentikan kendaraan.

Menjelang lebaran dan ketika digunakan untuk mudik, keberadaan kampas rem kerap terabaikan. Pemudik biasanya hanya memperhatikannya saat daya cengkeram kampas tersebut sudah mulai berkurang atau habis. Padahal kondisi komponen ini mesti terus diperhatikan.

Merawat kampas rem bukanlah hal yang sulit. Anda dapat menjaga kualitas kampas rem agar tetap berfungsi optimal. Sebelum akan digunakan untuk mudik atau perjalanan jauh. Anda dapar melakukan pembersihan secara berkala pada kaliper dan pin fleksibelnya, tujuan dari pembersihan tersebut agar tekanan yang diberikan oleh kampas rem bisa merata.

Pastikan juga ada jarak bebas di antara kampas rem dan piringan cakram, dengan catatan apabila belum sempurna yang harus Anda atur kembali pada posisi yang tepat. Caranya dengan memutar roda. Bila terasa ada gesekan maka atur ulang dan usahakan tidak terjadi gesekan sebelum tuas rem cakram digunakan.

Pemotor juga bisa memperpanjang masa pakai kampas rem dengan mengurangi pengereman mendadak.

Berita Terkait

Terbaru

Berlangganan